Powered by Blogger.
RSS

Pages

This blog talk about everything I wanna share to you

Penyaluran Dana pada Bank dan Pasar Modal

Review Pertemuan 1

Bank dan Lembaga Keuangan 2

Dosen Dr. Prihantoro



Apa yang dimaksud dengan Bank?

Definisi secara umum menurut Undang-Undang Perbankan No.10 tahun 1998 yang dimaksud dengan bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Fungsi utama dari perbankan Indonesia adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat.

Bank berfungsi sebagai perantara keuangan yaitu bagaimana bank dapat memperoleh sumber dana dari masyarakat dan selanjutnya dana tersebut dialokasikan atau disalurkan lagi ke bank atau masyarakat yang memerlukan pembiayaan dari bank.  Sumber dana bank yang diperoleh dari bank ini diperoleh dari masyarakat yang memiliki dana lebih dan menyimpan dana lebihnya dalam bentuk tabungan, giro dan deposito. Lalu bank menyalurkan dananya kembali dalam bentuk pinjaman (kredit) kepada masyarakat yang membutuhkan dana.




Mengapa harus menyimpan di Bank?

Kita ilustrasikan Putri adalah orang yang membutuhkan uang dan Mia adalah orang yang memiliki dana lebih. Pada tahun 2014 ini, putri memiliki niat melakukan usaha kecil namun putri tidak memiliki dana lebih untuk melakukan usaha. Sedangkan mia adalah teman putri yang sudah dikenal sejak lama yang memiliki dana lebih, putri berniat meminjam sejumlah dana pada mia. Dalam transaksi pinjaman uang ini ada dua faktor penting yang harus diperhatikan, yaitu dana yang tersedia dan kepercayaan antara peminjam dan orang yang memiliki dana, dua faktor ini dinamakan dengan double coincidence. Jika dalam kondisi lain putri bukanlah seorang teman yang belum dikenal mia, maka mia tidak akan percaya dengan mudah untuk meminjamkan dananya kepada putri. Maka dari itu munculah lembaga keuangan bank yang berfungsi sebagai perantara keuangan yang sudah terjamin kepercayaannya, masyarakat siapapun  bisa menyimpan dana dan meminjam dana dengan aman dan terpercaya tanpa harus memiliki hubungan pribadi.

Masyarakat yang menyimpan dana di bank adalah masyarakat yang memiliki dana lebih. Banyak alasan mengapa seseorang menyimpan dana lebihnya di bank, diantaranya yang pertama adalah mengharapkan memperoleh bunga dari bank, sehingga jika mereka menyimpan dananya di bank maka dana mereka bertambah. Kedua adalah fungsi investasi, seseorang menyimpan dana di suatu lembaga keuangan adalah untuk menghimpun dana mereka dan bertujuan menggunakan uang tersebut dimasa yang akan datang guna melakukan usaha atau berjaga-jaga jika mereka memerlukan dana yang lebih dalam keadaan darurat. Ketiga adalah resiko, masyarakat akan lebih aman jika mereka menyimpan dana ke dalam suatu lembaga yang resmi dibandingakan jika mereka menyimpan dana di rumah atau kepada seseorang.

Keuntungan bank dari mana?

Masyarakat yang menyimpan dananya di bank pasti mengharapkan mendapatkan bunga yang tinggi guna memperbanyak dana mereka (i2 < i1) , sedangkan masyarakat yang meminjam dana nya  di bank pasti mengharapkan bunga yang rendah (i2> i1). Dari selisih bungan antara i2 – i1 = interest spread merupakan untung yang didapatkan oleh bank. (i1 adalah bunga yang didapat jika masyarakat menabung di bank, sedangkan i2 adalah bunga jika masyarakat meminjam dana ke bank)

Apa yang dimaksud dengan Pasar Modal ?

Dalam arti sempit pengertian pasar merupakan tempat para penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi. Artinya pembelian dan penjualan langsung bertemu untuk melakukan transaksi dalam suatu local tertentu. Lokasi atau tempat pertemuan tersebut disebut pasar. Namun dalam arti luas pengertian pasar merupakan tempat melakukan transaksi antara pembeli dan penjual, dimana pembeli dan penjual tidak harus bertemu dalam suatu tempat atau bertemu langsung, akan tetapi dapat dilakukan melalui sarana informasi yang ada seperti sarana elektronika.

Apa daya tarik dari pasar modal?

Dapat menjadi alternatif penghimpun dana selain sistem perbankan.
Kita ilustrasikan bahwa Putri adalah pemilik usaha dari PT.Ayo , untuk melakukan pengembangan usahanya PT.Ayo mengeluarkan surat hutang atau obligasi kepada Mia guna mendapatkan pinjaman dana dan dengan perjanjian mia akan memperoleh keuntungan berupa diskonto dari obligasi tersebut.
Selain itu PT.Ayo membagi usahanya dengan Mia untuk menyimpan dana di usahanya dengan mengeluarkan saham dan dari saham itu, Mia dapat memperoleh keuntungan melalui dividen kepada para pemegang saham. Dividen tersebut didapat dari perolehan perhitungan sebagai berikut:



Ket :
Dalam perhitungan dividen terjadi konflik antara owner dan para pekerja atau yang biasa disebut contigency theory, dalam permasalahan ini jika kita perspektif sebagai owner maka owner akan mengaharapkan retained earning (laba yang ditahan) yang tinggi dan bonus yang rendah agar perusahannya dapat melakukan ekspansi karena memiliki modal yang besar. Sedangkan jika kita perspektif sebagai pekerja maka pekerja akan mengharapkan retained earning yang rendah dan bonus yang tinggi kaena mengharapkan mendapatkan balas jasa dari usaha yang dilakukannya kepada perusahaan.

PT.Ayo akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk bunga atau interest atau kita anggap sebagai  i3. Dalam kenyatannya pasti owner menginginkan bunga i3 < i2 agar masyarakat lebih memilih untuk menyalurkan dananya pada pasar modal sedangkan bagi pemegang saham menginginkan bunga i3 > i1

Maka munculah teori

I2 > i3 > i1

Yaitu jika bunga bank > dari bunga investasi maka masyarakat akan lebih memilih untuk memutarkan dananya ke bank karena bunga yang lebih terjamin (kecil).

Ket :
I1 = bunga bank
I2 = bunga peminjam
I3 = bunga dari usaha

Bagaimana terjadinya saham di pasar modal?

Kita ilustasikan pada tanggal 6 Juni pukul 11.00 harga saham dari PT.Ayo adalah Rp.10.000/ lembar dan pada pukul 14.00 harga saham dinaikkan menjadi Rp.11.000 / lembar maka jika saham tersebut terjual maka perusahaan akan mendapatkan keuntungan RP.1000 yang dinamakan dengan capital gain. (pada peristiwa ini dinamakan short selling yaitu perubahan harga saham dengan jangka waktu yang singkat)

Namun jika saham tersebut tidak terjual dan pemilik saham tetap mempertahankan harga saham tersebut (hedging) , dalam kenyatannya ternyata saham yang beredar pada pasar modal pada pukul 16.00 turun menjadi Rp.9.500 / lembar maka pemilik modal rugi Rp.1.500 (capital loss).  Dan pada tanggal 7 Juni pukul 10.00 ternyata harga saham dari PT.Ayo semakin turun menjadi Rp.9.200.

Dari kejadian tersebut maka pemilik saham harus menjual saham tersebut, karena tidak mungkin suatu saham akan selalu naik. Karena grafik dari harga saham akan selalu berubah. Harga saham akan selalu naik jika di suatu negara terjadi peristiwa infalsi, pemilu (politik) , perubahan valuta asing atau harga mata uang asing. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

AMISHA said...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Post a Comment