Powered by Blogger.
RSS

Pages

This blog talk about everything I wanna share to you

ANALISIS JURNAL YANG BERTEMA KONSUMSI, INVESTASI, PEMERINTAHAN, EXPORT, DAN IMPORT


TUGAS TEORI EKONOMI 1
ANALISIS JURNAL YANG BERTEMA KONSUMSI, INVESTASI, PEMERINTAHAN, EXPORT, DAN IMPORT


DISUSUN OLEH :
1.       AMALIA NURUL HIDAYAH (20212684)
2.       ANDA PUTRA (20212734)
3.       ICHA TIFANNY (23212537)
4.       ISMI ALAWIYAH (23212843)
5.       PUTRI NADILLA HUMAIROH (25212777)
SM AK 06-03


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
2013





1.      CONSUMPTION


JUDUL            : KONSUMSI BATUBARA DAN PERTUMBUHAN EKONOMI NIGERIA: DUA LANGKAH SISA BERBASIS PENDEKATAN UJI UNTUK KOINTEGRASI

URL                             :http://eujournal.org/files/journals/1/articles/151/public/151-463-1-PB.pdf

ANALISIS JURNAL    :

Jurnal Ini menguji hubungan antara konsumsi batubara dan pertumbuhan ekonomi untuk Nigeria pada periode 1980-2010 dengan menggunakan pendekatan berbasis sisa dua langkah untuk integrasi dan Granger uji kausalitas. Hasil empiris penelitian ini mengungkapkan  konsumsi batubara dan ekonomi. Pertumbuhan di Nigeria bergerak bersama-sama dalam jangka panjang. Selain itu, hasil menunjukkan kausalitas hubungan yang searah berjalan dari pertumbuhan ekonomi dengan konsumsi batubara. Ini berarti bahwa pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan secara bersamaan menghasilkan kenaikan terus menerus dalam konsumsi batubara. Di kasus ini, konsumsi batubara pada dasarnya didorong oleh GDP riil. Karena pertumbuhan ekonomi secara langsung menyebabkan konsumsi batubara dan bukan sebaliknya, penutupan atau memperlambat konsumsi batubara di Nigeria harus tidak memiliki, secara umum, dampak negatif yang signifikan terhadap perekonomian Nigeria.


Hal ini juga mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi global jangka panjang tidak dapat dicapai tanpa pasokan energi yang memadai dan terjangkau, yang akan memerlukan kontribusi signifikan terus dari bahan bakar fosil, termasuk batubara. Dengan demikian, batu bara memainkan peran yang unik dalam memenuhi permintaan energi aman, karena secara global yang paling berlimpah dan ekonomis bahan bakar fosil. pada saat tingkat produksi, cadangan batubara terbukti dunia diperkirakan 147 tahun terakhir, berbeda dengan minyak dan gas yang diperkirakan berlangsung 41 dan 63 tahun, masing-masing. Menurut 2030 (Wolde-Rufael, 2010), hal seperti ini juga memproyeksikan bahwa terbesar permintaan untuk bahan bakar fosil akan batu bara, yang akan tetap menjadi terbesar sumber bahan bakar utama kedua sampai 2030.

Menurut Administrasi Informasi Energi ( 2009) konsumsi batubara Dunia diproyeksikan akan meningkat dari 127,5 quadrillion Btu di 2.006-190,2 quadrillion Btu pada tahun 2030 . Pada tahun 2006 , batubara menyumbang 27 persen dari konsumsi energi dunia . Dari total produksi batubara di seluruh dunia pada tahun 2005 , 62 persen dikirim ke produsen listrik , 34 persen untuk konsumen industri , dan sebagian besar sisanya 4 persen untuk sektor perumahan dan komersial . Pangsa batubara total konsumsi energi dunia diproyeksikan meningkat menjadi 28 persen pada tahun 2030 , dan berbagi dalam  sektor tenaga listrik diproyeksikan tetap relatif konstan pada 42 persen 2006-46
persen pada tahun 2030 .


Nigeria hari ini dipandang sebagai salah satu negara berkembang terbesar di Afrika dengan sangat diberkahi sumber daya batubara energi. Namun, meningkatkan akses energi di Nigeria telah terbukti tidak hanya tantangan terus menerus tetapi juga masalah yang mendesak dengan masyarakat internasional . batubara merupakan salah satu bahan bakar komersial tertua yang digunakan di Nigeria tetapi Karena minyak ditemukan , batubara diberikan kurang relevansi dan menjadi sangat diabaikan . Dengan cadangan lebih dari 2 miliar metrik ton , Nigeria menghasilkan tidak lebih dari 200.000-600.000 ton tahunan ( Odularo dan Okonkwo , 2009) .


Terlepas dari kenyataan bahwa konsumsi batubara merupakan sumber energi yang penting bagi Nigeria , tidak ada Penelitian telah dilakukan pada hubungan antara konsumsi batu bara dan pertumbuhan ekonomi di Nigeria ke terbaik dari pengetahuan penulis . Oleh karena itu , makalah ini bertujuan untuk mengisi kesenjangan ini .

Hubungan kausal antara konsumsi batu bara dan pertumbuhan ekonomi memiliki sejumlah
implikasi kebijakan. Pertama, jika peningkatan konsumsi batubara menyebabkan peningkatan ekonomi pertumbuhan. Dalam situasi ini, kebijakan konservasi energi yang mengurangi konsumsi batubara mungkin mempengaruhi pertumbuhan ekonomi. Di sisi lain, sejumlah penjelasan dapat disajikan di mana peningkatan konsumsi batubara memiliki dampak negatif pada pertumbuhan ekonomi. Seperti dampak negatif dari konsumsi batu bara pada pertumbuhan ekonomi dapat dikaitkan dengan efisien dan penggunaan berlebihan konsumsi batubara.

Kedua, jika ada kausalitas searah berjalan dari pertumbuhan ekonomi ke batubara konsumsi. Dalam hal ini, kebijakan konservasi energi ditujukan terhadap pengurangan batubara konsumsi mungkin tidak memiliki dampak negatif terhadap pertumbuhan ekonomi. Namun, adalah mungkin bahwa peningkatan pertumbuhan ekonomi benar-benar dapat mengurangi konsumsi batubara yang mungkin menunjukkan bahwa perekonomian menjadi kurang intensif batubara



Penelitian sebelumnya menyediakan berbagai hasil untuk jumlah yang relatif kecil dari negara-negara di hubungan kausal antara konsumsi batu bara dan pertumbuhan ekonomi. Yoo (2006) menyelidiki hubungan kausal antara konsumsi batubara dan pertumbuhan ekonomi di Korea untuk periode1968-2002 dengan mengerahkan unit root, kointegrasi, kausalitas Granger dan berdasarkan kesalahancorrection model (ECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada dua arah antara batubara konsumsi dan pertumbuhan ekonomi. Dengan demikian, agar tidak mempengaruhi pertumbuhan ekonomi Korea harus berusaha untuk mengatasi kendala pada konsumsi batubara.








2.      INVESTASI

SUMBER :

FDI (Foreign Direct Investment) atau investasi langsung luar negeri adalah salah satu ciri penting dari sistem ekonomi yang kian mengglobal. FDI bermula saat sebuah perusahaan dari satu negara menanamkan modalnya dalam jangka panjang ke sebuah perusahaan di negara lain. Dengan cara ini perusahaan yang ada di negara asal (home country) bisa mengendalikan perusahaan yang ada di negara tujuan investasi (host country) baik sebagian atau seluruhnya. Caranya dimulai dimana penanam modal membeli perusahaan di luar negeri yang sudah ada atau menyediakan modal untuk membangun perusahaan baru di sana atau membeli sahamnya sekurangnya 10%. Biasanya, FDI terkait dengan investasi aset-aset produktif, misalnya pembelian atau konstruksi sebuah pabrik, pembelian tanah, peralatan atau bangunan, atau konstruksi peralatan atau bangunan yang baru yang dilakukan oleh perusahaan asing.

FDI kini memainkan peran penting dalam proses internasionalisasi bisnis. Perubahan yang sangat besar telah terjadi baik dari segi ukuran, cakupan, dan metode FDI. Perubahan-perubahan ini terjadi karena perkembangan teknologi, pengurangan pembatasan bagi investasi asing dan akuisisi di banyak negara, serta deregulasi dan privatisasi di berbagai industri. Berkembangnya sistem teknologi informasi serta komunikasi global yang makin murah memungkinkan manajemen investasi asing dilakukan dengan jauh lebih mudah. Pengaruh terbesar FDI ini ada di negara-negara berkembang, dimana aliran FDI telah meningkat pesat dari rata-rata di bawah $10 milyar pada tahun 1970an menjadi lebih dari $200 milyar pada tahun 1999 (sumber: UNCTAD).



Banyak negara yang ingin melakukan FDI, karena dapat berkontribusi untuk pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di negara-negara FDI. FDI telah terbukti memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi melalui berbagai saluran. FDI menggunakan metode dengan faktor faktor modal yang cukup, teknologi dan manajerial apa dan bagaimana, yang memainkan peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di negara-negara penerima. Selain itu, FDI memungkinkan negara-negara penerima untuk terlibat dalam berbagai jaringan, seperti produksi, penjualan, jaringan pengadaan, dan informasi perusahaan multinasional asing (MNC).

Dengan suatu negara melakukan FDI mengakibatkan peningkatan efisiensi dalam produksi dan pemasaran. Memang, di Asia Timur FDI telah membantu memungkinkan negara-negara Asia Tenggara untuk mencapai ekonomi yang tinggi pertumbuhan melalui faktor-faktor ini.Para anggota Asosiasi Bangsa Bangsa Asia Tenggara ( ASEAN ) telah cukupsukses dalam menarik FDI beberapa tahun terakhir ( Gambar 1.1 ) . Setelah mencapai palung pada tahun 2002 , arus masuk ke ASEAN terus meningkat terasa sampai tahun 2007 . Dalam lima tahun 2002-2007 arus masuk FDI ke ASEAN lebih dari empat kali lipat dari $ 17 miliar kepada $ 69000000000 ( Tabel 1.1 ) di2008 ASEAN secara keseluruhan , bagaimanapun , mengalami penurunan substansial dalam FDI olehsekitar $10000000000 atau 13,8 persen dari tahun 2007 . Ada variasi luas dalam perubahan dalam arus masuk FDI tahun 2008 antara anggota ASEAN , yang semuanya mencatat lebih atau kurangmantap meningkat sebelum tahun 2008 . Indonesia mencapai peningkatan penting sementara Singapura,Filipina dan banyak negara lain mengalami penurunan. Pada tahun 2009 , negara-negara ASEAN mengalami penurunan FDI  yang mencerminkan krisis keuangan global yang dimulai pada musim gugur tahun 2008 , Indonesia , Malaysia, Thailand , dan Vietnam , khususnya, mengalami secara signifikan mengurangiArus masuk FDI . Akibatnya , arus FDI ke ASEAN secara keseluruhan mencapai kembali ke tingkat pertengahan 2000-an .




Negara-negara ASEAN dengan penghasilan menengah sulit melakukan FDI karena kondisi stabilitas politik dan ekonomi ditemukan untuk memainkan peran penting dalam menarik FDI . Politik dan ketidakstabilan ekonomi menghambat perusahaan multinasional dari melakukan FDI  karena resiko kehilangan aset yang diinvestasikan. Klasifikasi ini, yang telah diusulkan oleh Urata, Ando, dan Ito (2007), didasarkan pada survei literatur dan diskusi antara anggota darikomite termasuk perwakilan dari APEC Business Advisory Council (ABAC) Jepang, Mesin Jepang Pusat Perdagangan dan Investasi (JMC), Departemen Perdagangan, Investasi, dan Industri (METI) Jepang, dan profesor universitas (APEC Komite Studi dengan JMC.
 Dalam rangka untuk mencapai tujuan , Shujiro Urata (Waseda University and Economic Research Institute for ASEAN and East Asia (ERIA)), Mitsuyo Ando (Keio University, Japan) membuat beberapa rekomendasi kebijakan . 

  • Pertama, dalam rangka untuk mempromosikan FDI liberalisasi kebijakan, negara-negara ASEAN harus melakukan WTO/GATT’s Trade Related Investment Measures (TRIMs) agreement, bilateral investment treaties (BITs), free trade agreements (FTAs), dan kerangka hukum lainnya. Secara khusus , ASEAN harus menggunakan ASEAN Comprehensive Investment Agreement ( ACIA ) .
  • Kedua, untuk mengatasi kendala menyangkut fasilitas FDI, negara-negara ASEAN harus secara aktif menarik berbagai proram kerjasama dengan negara-negara maju untuk meningkatkan suber daya manusia terlibat dalam implementasi dan penegakan kebijakan FDI. Kemungkinan sumber-sumber daerah bantuan teknis di daerah ini dapat UNCTAD,OECD ERIA.
  • Ketiga, pemantauan dalam pecapaian  FDI (Foereign Direct Investment) liberalisasi dan fasilitalisasi harus menekankan , dalam rangka mewujudkan lingkungan bebas FDI. Dalam hal ini, pemantauan mekanisme harus dibentuk di ASEAN, jika belum ditrapkan di negara yang melakukan FDI.

Kesimpulan        :
Jadi mengapa di negara-negara ASEAN sulit melakukan FDI (Foreign Direct Investment) atau investasi langsung luar negeri karena kondisi stabilitas politik dan ekonomi yang buruk di negara-negara ASEAN. Padahal faktor ini merupakan penentu untuk memainkan peran penting dalam menarik FDI dalam suatu negara.


·          


3.      GOVERMENT


Tema : Apakah Perusahaan Perusahaan di Asia-Pasifik Telah Efektif dalam Mengelola Beban Pajak Mereka?
Analisis :
Pajak merupakan salah satu sumber penerimaaan Negara. Dimana pajak merupakan sumber utama yang membiayai belanja Negara. Selain itu pajak juga merupakan alat kebijakan ekonomi (kebijakan fiskal) pemerintah dalam rangka mendorong aktivitas masyarakat yang sejalan dengan program pembangunan Negara dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  
Berdasarkan sumber yag kami dapat (www.ekonomi-holic.com) membagi beberapa jenis pajak yang berlaku di Indonesia seperti,
a.      Pajak langsung : pajak penghasilan (PPh), pajak bumi dan bangunan (PBB), pajak perseroan (PPs), pajak kekayaan, pajak bunga deposito dan sebagainya.
b.      Pajak tidak langsung : pajak penjualan (PPn), pajak pertambahan nilai (PPN), cukai, bea masuk dan sebagainya.
c.       Pajak subyektif : pajak penghasilan, pajak kekayaan dan sabagainya.
d.      Pajak obyektif : pajak kekayaan, bea masuk, bea meterai, pajak kendaraan dan sebagaunya.
e.      Pajak Negara
f.        Pajak daerah

Jika kita liat dari sudut pandang perusahaan, banyak orang berpikir bahwa perusahan di negara – negara Eropa pasti dapat mengatur beban pajak mereka lebih baik dari pada perusahaan di negara – negara di Asia. Namun nyatanya perusahaan di Asia-Pasifik telah berhasil menetapkan tarif pajak dengan efektif dan sukses dalam mengelola pajak mereka dibandingkan dengan Negara – Negara lain (Namryoung Lee, Charles Swenson, Asia-Pacific Journal of Taxation 2008.

Sebagai sumber dana dalam Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara – APBN (Waluyo, 2008). Perusahaan selaku subjek pajak, wajib menyerahkan sebagian dari penghasilannya kepada pemerintah sebesar dalam tarif tertentu. Kadangkala tarif pajak penghasilan yang ditetapkan pemerintah, tidak sama dengan tarif pajak efektif (effective tax rates – ETR) yang ditanggung perusahaan. Bisa saja ETR yang ditanggung perusahaan itu lebih kecil atau lebih besar.

Sesungguhnya, negara-negara surga pajak seperti,  Antilles Belanda, Kepulauan Cayman, Monako, dan Panama - memiliki undang-undang dan tarif efektifnya pada atau di bawah 10 persen. Hal mengejutkan adalah ETRS perusahaan Australia 'dari 13 persen, apabila laju hukum negara adalah 30 persen. Sementara ETRS negara banyak di bawah tingkat hukum, sedikit memiliki ETRS lebih tinggi daripada tingkat hukum. Hal ini karena hukum Tingkat hanya mencakup tarif pajak penghasilan nasional.

Variasi dalam-industri dalam ETRS mengindikasikan keuntungan yang sama untuk  Negara Asia Tenggara, meskipun keuntungan ini tidak berlaku untuk semua industri. Dalam pasar global, perbedaan tersebut memberikan keuntungan terhadap industri. Tentu saja, keunggulan komparatif dari setiap negara meliputi banyak faktor selain pajak struktur (biaya tenaga kerja / ketersediaan, infrastruktur, dll,) sehingga hasil penelitian ini tidak boleh umum di luar isu pajak.

Juga, penelitian ini tidak mempertimbangkan pajak implisit. Sebagaimana dibahas dalam Scholes dkk. (2004), pajak eksplisit namun tarif dapat meningkatkan permintaan pasar untuk komoditas pajak-disukai dan investasi. Demikian meningkatnya permintaan dapat menyebabkan peningkatan harga (komoditas) atau tingkat pra-pajak yang lebih rendah pengembalian (aset), yang disebut sebagai pajak implisit.

Dalam laporan sebaliknya, perusahaan dari ETRS meliputi nasional, pajak lokal, dan asing membayar. Sebagai contoh, Cayman perusahaan memiliki ETRS median di bawah 10 persen, tapi ini hanya terdiri dari pajak yang dibayarkan kepada negara-negara lain.

Ukuran tradisional ETR adalah : Total pajak yang dibayar / laba sebelum pajak. Sering kali digunakan oleh para pembuat keputusan dan pihak yang berkepentingan sebagai alat dalam membuat kesimpulan mengenai system perpajakan perusahaan.


 Lalu apakah negara-negara Asia Tenggara , yang banyak dikenal karena tarif pajak yang berlaku rendah , pada kenyataannya memiliki ETRS rendah? Seperti yang disampaikan di awal bahwa kadangkala tarif pajak penghasilan yang ditetapkan pemerintah, tidak sama dengan tarif pajak efektif (effective tax rates – ETR) yang ditanggung perusahaan. Dan hal yang terjadi pada kebanyakan Negara – Negara Asia Pasifik adalah ETRS yang ditanggung perusahaan itu lebih kecil dibandingkan dengan  tarif pajak penghasilan yang ditetapkan pemerintah, sebaliknya sebagai contoh pada Negara Jepang  ETRS yang ditanggung perusahaan itu lebih besar dibandingkan dengan  tarif pajak penghasilan yang ditetapkan pemerintahnya.

Country of Incorporation
Number of Firms
ETR (mean)
ETR (median)
STR (2007)
ANTILLES (Netherlands)
3
0.2687
0.2404
0.3450*
UNITED ARAB EMIRATES
4
0.2417
0.2088
0.0000*
ARGENTINA (Argentine Republic)
24
0.3353
0.3252
0.3500*
AUSTRALIA, Commonwealth of
1935
0.1317
0.0219
0.3000
AUSTRIA, Republic of
56
0.2250
0.2363
0.2500
BELGIUM, Kingdom of
77
0.2467
0.2617
0.3300
BANGLADESH
1
0.1005
0.1005
0.3000*
BERMUDA
400
0.1406
0.1177
0.0000
BRAZIL, Federative Republic of
140
0.2750
0.2764
0.3400
CANADA
464
0.2336
0.2428
0.2100
SWITZERLAND (Swiss Confederation)
204
0.2142
0.2107
0.0850
CHILE, Republic of
117
0.1904
0.1766
0.3500
CHINA, People’s Republic of
2052
0.2030
0.1762
0.2500
COLUMBIA, Republic of
8
0.2720
0.2701
0.3400
CAYMAN ISLANDS
257
0.1366
0.1022
0.0000
CYPRUS, Republic of
2
0.1148
0.1148
0.1000*
CZECH Republic
6
0.2892
0.2629
0.2400
GERMANY, Federal Republic of
470
0.2730
0.2952
0.2500
DENMARK, Kingdom of
132
0.2254
0.2487
0.2650
EGYPT, Arab Republic of
5
0.1429
0.2145
0.4000
SPAIN (Spanish State)
162
0.2398
0.2663
0.3375
ESTONIA
2
0.1682
0.1682
0.2200*
FINLAND, Republic of
145
0.2413
0.2589
0.2600
ANTILLES (Netherlands)
3
0.2687
0.2404
0.3450*
UNITED ARAB EMIRATES
4
0.2417
0.2088
0.0000*
RANCE (French Republic)
471
0.2942
0.3179
0.3443
UNITED KINGDOM
1457
0.2113
0.2450
0.3000*
GREECE (Hellenic Republic)
84
0.2760
0.2814
0.2700
HONG KONG
136
0.1398
0.1250
0.1750
CROATIA
1
0.2073
0.2073
0.2500*
HUNGARY, Republic of
14
0.1259
0.1112
0.1600
INDONESIA, Republic of
173
0.3157
0.3003
0.3000
INDIA, Republic of
240
0.2587
0.2798
0.3000
IRELAND
61
0.1543
0.1558
0.1250
ICELAND
3
0.1607
0.0587
0.1800
IRAN (Islamic Republic)
31
0.2372
0.2380
0.2700
ITALY (Italian Republic)
213
0.3986
0.3925
0.3300
JAPAN
3438
0.4185
0.41223
0.3000
KOREA, Republic of
206
0.2639
0.2731
0.2500
SRI LANKA, Republic of
4
0.1940
0.1666
0.350














4.      EXPORT

Tema : Hubungan antara ekspor dan ekonomi makro
Judul : Dampak Peningkatan Ekspor Terhadap Peningkatan Ekonomi Makro
Analisis :
Hubungan perdagangan luar negri dengan pertumbuhan ekonomi umumnya dikaitkan kembali pada teori klasik masa Smith dan Ricardo. Menurut terori ekonomi klasik tentang perdagangan luar negri, proses perdagangan merupakan kondisi negara dengan keunggulan – keunggulan komparatif yang menyediakan spesialisasi pada bidang produksi. Teori ini banyak mendapat kritik dari ahli ekonomi modern. Hal ini disebabkan oleh teori tersebut tidak sesuai dengan kondisi nyata, terutama pada negara berkembang. Hipotesis perdagangan luar negri sebagai mesin pertumbuhan, tidak cocok diterapkan pada negara berkembang. (Emine Kilavuz dan Betül Altay Topcu, 2012)
Berdasarkan Sumber Teoritis
Menurut Young (1991), ketika dua negara terlibat dalam perdagangan , seperti dalam Perbandingan Keuntungan Model, negara-negara maju mengkhususkan diri dalam barang-barang berteknologi tinggi dan negara-negara berkembang pada barang berteknologi rendah. Efek perdagangan bebas meningkatkan pertumbuhan di negara maju dan mengurangi pertumbuhan di negara berkembang. Hal tersebut kembali menegaskan bahwa ekspor tidak cocok dijadikan alat pemacu kemajuan ekonomi bagi negara berkembang.
Model yang disebutkan Young tersebut juga menekankan dua hal penting. Pertama adalah ekpor dan impor keberadaannya penting dalam perkenomian negara. Kedua adalah ekspansi perdagangan luar negri sangat penting bagi negara, tapi tidak cukup untuk menambah percepatannya. Oleh sebab itu, wajar bila negara yang mengkhususkan diri pada barang – barang berteknologi tinggi akan mendapatkan keuntungan ekspor yang lebih baik daripada negara berkembang yang cenderung mengkhususkan diri pada barang – barang berteknologi rendah.
Menurut Kaldor, terdapat empat peraturan pertumbuhan. Peraturan pertama, peningkatan tingkat pertumbuhan pada sektor industri akan meningkatkan tingkat pertumbuhan pada nilai Pendapatan Nasional Bruto. Peraturan kedua, tingkat pertumbuhan pada produksi industri manufaktur akan mengarahkan kepada tingkat pertumbuhan yang lebih cepat pada produktivitas tenaga kerja dalam bidang industro manufaktur, dengan tujuan meningkatkan kembali ke skala. Peraturan kedua tersebit disenbut dengan Hukum Verdoorn.
Peraturan ketiga, pertumbuhan produksi industry manufaktur tidak dibatasi oleh pasokan tenaga kerja, tetapi ditentukan oleh permintaan di sector pertanian pada awalnya, kemudian diikuti ekspor pada tahap berikutnya. Peratruan keempat, yakni pertumbuhan yang lebih cepat dalam ekspor akan menyebabkan pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Berdasarkan Sumber Empiris
Dalam literatur empiris, ada beberapa studi yang meneliti efek dari ekspor pertumbuhan, disebut Pertumbuhan Ekspor Hipotesis yang terpimpin dalam kasus negara-negara individu dan kelompok negara. Namun hasil yang diperoleh sering bertentangan karena variasi dalam era yang diteliti, negara atau kelompok negara berfokus pada metode yang masih digunakan, dan  topik yang menjadi fokus perhatian.
Kesimpulan :
Hubungan antara ekspor dan ekonomi makro menunjukkan bahwa meningkatnya ekspor akan meningkatkan perekonomian. Hal ini sesuai jika kegiatan ekspor yang dilakukan suatu negara adalah ekspor barang – barang berteknologi tinggi. Jika barang yang diekspor adalah barang berteknologi rendah ataupun bahan mentah yang belum memiliki nilai tambah yang tinggi,  ekspor tiak akan berpengaruh besar bagi kemajuan ekonomi negara. Oleh sebab itu, kemajuan eskpor sebagai kekuatan negara dalam meningkatkan perekonomian, hanya berlaku pada negara maju yang mengekspor barang berteknologi tinggi.
5.      IMPORT

Judul: Faktor yang mempengaruhi impor permintaan Gandum di Turki
Sumber : Wheat From Turkey

Gandum merupakan komoditas penting yang dikonsumsi oleh rumah tangga di seluruh negara di dunia. Gandum dikonsumsi masyarkat dunia dalam bentuk (roti, sereal sarapan, pati, produk roti dll). Jumlah konsumsi gandum dunia pun mengalami peningkatan setiap tahunnya. Ini terbukti pada tahun 2007 konsumsi gandum dunia sekitar 609.000.000 metrik ton, meningkat dari konsumsi tahun sebelumnya sekitar 603,7 ton.
Volume perdagangan gandum dunia pun juga mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya, tercatat pada tahun 2010 sekitar 110 juta ton gandum., sementara tahun 2009 hanya sekitar 100 juta ton.  Berbagai negara pun berlomba-lomba untuk memanfaatkan kesempatan ini, dengan menjadi negara pengekspor.seperti negara-negara asia bagian timurpun berlomba-lomba untuk menyuplai kebutuhan gandum dunia. Dan tak kalah banyak negara juga berusaha untuk mempertahankan stabilitas produksi gandumnya di dalam negeri.
Hal diatas senada dengan apa yang dilakukan oleh turki dalam menjaga stabilitas gandum di negaranya. Masyarakat turki cenderung untuk membeli gandum hasil pertanian dalam negeri mereka sendiri. Namun permasalahan berikutnya yang muncul adalah, peningkatan permintaan gandum yang terus meningkat di Turki sehingga Turki tidak mampu untuk mencukupi kebutuhan yang terus meningkat tersebut.  Dalam menjawab permasalahan ini, perlu dicari apa yang mempengaruhi impor gandum di Turki.   Dalam penelitian yang dilakukan untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi impor gandum di Turki, maka populasi data yang diambil adalah pendapatan nasional bruto perkapita, nilai impor, data harga domestik gandum negara Turki dari tahun 1984-2006 yang semua data tersebut di hitung dengan menggunakan harga indeks grosir  dengan nilai = 100.
Untuk mencari hubungan variable impor maka digunakan  model regresi  yaitu model logaritmik-linear ganda menurut (Goktolga, 2006; Kizilaslan dan Kizilaslan, 2006; Karkacier, 2000; Tanyeri-Abur dan Rosson, 1998; Othman et al., 1995) didapatkan rumus:
ln yt = α1+ α2 ln xt2+ α3 ln xt3+ ...+ αk ln xtk+ εt
atau
ln yt = ln α + ∑βt ln xt  + ε
Salah satu fitur penting dari model log - linear ganda  adalah bahwa kemiringan koefisien αi mengukur elastisitas y terhadap xi , yaitu persentase perubahan y untuk diberikan ( kecil ) persentase perubahan xi ( Hakim , 1996; Gujarati , 1995 ) .
Definisi variabel model untuk permintaan impor Turki gandum

Nama Variabel
Defenisi Variabel


IDt
Nilai untuk jumlah permintaan impor untuk Gandum ( Dalam ribu $)
PWt
Harga domestic riil gandum (1987+100 WPI digunakan untuk menghitung harga riil)
GNPt
Produk nasional bruto per kapita selama periode ($)
EXt
Nilai Tukar Lira Turki-AS dolar selama periode tertentu (TL/US$)
IDt-1
Nilai untuk jumlah impor tertinggal untuk gandum (Dalam ribu $)
PVt
Nilai produksi gandum (Dalam ribu  $)
DDt
Nilai permintaan domestic Gandum (Dalam ribu  $)
T
Kecenderungan faktor (1, 2, 3, ...23), n = 23

Table 2





Regression results of Ğ¢urkey’s import demand for wheat, double logs









Coefficient
t-ratio

p-value
SD






Constant
14.860
2.25

0.04
6.600
PWt
3.476
3

0.009
1.157
GNPt
3.986
2.85

0.012
1.397
EXt
0.198
2.77

0.014
0.071
IDt-1
0.062
0.91

0.376
0.068
PVt
-20.223
-10.34

0
1.956
DDt
16.793
9.62

0
1.745
T
-1.186
-2.77

0.014
0.428
R2

93.5


Adj-R2

90.4


F

30.68


v

1.569




Hasil estimasi untuk impor gandum diberikan dalam Tabel 2 . Sesuai Tabel 2 , persamaan memiliki tinggi R -square ( R2 ) ( 0,935 ) . Nilai ini menunjukkan bahwa 93,5 % dari variabilitas dalam permintaan impor gandum adalah mantan plained model estimasi .
Von Neumann ( v ) uji statistik yang digunakan untuk memeriksa apakah ada autokorelasi dalam waktu serial, untuk analisis waktu seri dan penggunaan tertinggal variabel - mampu dalam model antail menguji adanya korelasi serial ( Hakim , 1996) . Von Neumann nilai persamaan gandum adalah 1.569 yang juga mengesampingkan adanya korelasi serial pada 1 % signifikan
tingkat ( v value = 1,569 , k = 7 , n = 23; nilai kritis , v = 1,146 v * = 3.04 v < vvalue < v * ) .
Ukuran koefisien untuk PWT adalah 3,476 ( e = 3,476 ) , yang menunjukkan bahwa kenaikan harga domestik riil gandum sebesar satu unit akan asosiasi- diasosiasikan dengan peningkatan nilai untuk jumlah gandum impor dengan 3,476 unit . Cross- harga elastis - ity yang lebih besar dari nol , menunjukkan bahwa permintaan impor untuk gandum sensitif terhadap harga gandum dalam negeri . Di kata lain , konsumen lebih suka membeli Turki gandum dalam negeri dari impor gandum secara bertahap di Turki , karena harga impor lebih menguntungkan dibandingkan harga domestik . Sampai beberapa tahun terakhir , harga gandum terutama ditentukan oleh pemerintah.
Faktor penting lainnya adalah tingkat GNP per kapita antara konsumen di pasar . Ketika GNP per kapita meningkat , konsumsi akan meningkat dan sebaliknya . Elastisitas pendapatan untuk gandum adalah 3,986 ( elas - tic ) . Ini menunjukkan nilai untuk jumlah gandum im - porting akan meningkat lebih sebagai pendapatan meningkat .
Kurs riil telah menjadi faktor penting dalam permintaan impor . Nilai tukar riil positif ( 0.198 ) . Tanda menunjukkan bahwa nilai impor meningkat gandum dengan kenaikan TL / USD paritas .
Koefisien elastisitas nilai produksi dalam model negatif ( -20,223 ) . Oleh karena itu , nilai pro-produksi memiliki pengaruh negatif pada impor de - mand . Faktor ini menunjukkan bahwa peningkatan nilai pro-produksi gandum sebesar satu unit akan diasosiasikan-diciptakan dengan penurunan nilai untuk jumlah gandum impor dengan 20,223 unit . Selain itu , perubahan 1 % pada nilai total kebutuhan gandum meningkat sebesar 16,793 % pada permintaan gandum impor ( Tabel 2 ) .
Berdasarkan perhitungan log diatas, instrument yang digunakan dalam pengukuran ditemukan signifikan pada tingkat 1%. Hal ini berarti dapat disumpalkan bahwa perubahan harga gandum domestic adalah sangat afektif pada permintaan impor gandum dan konsumen Turki lebih suka membeli gandum dalam negeri dalam arti impor gandum dari sektor pertanian Turki serta faktor dan instrument yang menjadi faktor impor pada masyarakat turki berpengaruh pada kondisi impor masyarakat Turki.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Post a Comment